Friday, February 5, 2016

Banyak MINUM Air Ternyata Dapat MERUSAK GINJAL

Banyak MINUM Air Ternyata Dapat MERUSAK GINJAL - Untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, banyak minum memang dianjurkan. Tapi ingat, sekitar 8 gelas sudah cukup karena jika berlebihan justru akan membebani ginjal


"Proporsional saja. Kalau berlebihan malah akan membebani ginjal karena harus filtrasi," kata kata dr Tunggul D Situmorang, SpPD-KGH, konsultan ginjal dan hipertensi dari PAPDI (Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia), baru-baru ini.

Dalam sehari, ginjal yang hanya seukuran satu kepalan tangan memurnikan rata-rata 180 liter cairan tubuh. Fungsi filtrasi atau penyaringan dijalankan oleh nefron, yakni bagian dari ginjal yang jumlahnya mencapai 1 juta.


Menurut dr Tunggul, anjuran minum sebanyak 8 gelas tiap hari dinilai sudah cukup proporsional. Alasannya, dalam sehari ginjal membuang kotoran hasil penyaringan darah dalam bentuk urine. Volume urine dalam sehari rata-rata 1-1,5 liter atau setara 6-7 gelas cairan.

"Lalu ditambah penguapan melalui kulit sekitar 700-800 mililiter, maka minum 8 gelas sehari saya kira sudah cukup proporsional," jelas dr Tunggul.

Selain itu, tubuh juga mempunyai regulasi alami untuk mengatur keseimbangan cairan. Saat cairan tubuh banyak terbuang, otak akan mengirim sinyal berupa rasa haus. Saat itulah, tubuh membutuhkan tambahan cairan yang harus dicukupi dengan minum.

Related Posts

Banyak MINUM Air Ternyata Dapat MERUSAK GINJAL
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.