Monday, February 15, 2016

Resiko Kanker Akibat Oral Seks Rentan Menyerang Pria

Resiko Kanker Akibat Oral Seks Rentan Menyerang Pria -

 Infeksi HPV (Human Papiloma Virus) bisa memicu kanker mulut dan leher. Menurut penelitian, penularan melalui seks oral lebih rentan terjadi pada pria dibandingkan pada wanita.

Penelitian yang dipresentasikan dalam American Association for the Advancement of Science (AAAS) pekan lalu tersebut mengaitkan risiko kanker mulut dengan jumlah pasangan seks oral. Makin banyak pasangan, makin besar pula risiko penularan HPV.

Hampir 2 dari 3 kasus kanker mulut di Amerika Serikat maupun negara barat lainnya disebabkan oleh infeksi HPV khususnya tipe 16. Jumlah kasusnya cenderung meningkat beberapa tahun belakangan ini, dan pria paruh baya berkulit putih punya risiko lebih besar dibanding kelompok lainnya.

Menurut penelitinya, Gypsyamber D'Souza dari John Hopkins University, kondisi ini berkaitan dengan usia pertama melakukan seks oral yang belakangan ini cenderung semakin muda.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa pada pria, jumlah pasangan seks oral, saat jumlahnya meningkat, risiko infeksi HPV di mulut juga meningkat," kata D'Souza, dikutip dari CTVnews, Senin (15/2/2016).

Pada wanita, risiko penularan HPV pada mulut melalui seks oral tidak setinggi pria. Alasan yang mungkin bisa menjelaskan adalah, pada wanita paparan HPV pertama kali terjadi pada v*gina sehingga terbentuk sistem kekebalan saat virus tersebut menyerang mulut.
sumber: detik.com

Related Posts

Resiko Kanker Akibat Oral Seks Rentan Menyerang Pria
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.