Tuesday, November 3, 2015

Yakin Baju Mu "SUCI"???

Umbah-umbah (bahasa jawa: cuci baju) adalah kegiatan yang hampir dilakukan setiap hari, hal ini dengan tujuan untuk membersihkan pakaian yang telah dipakai setiap hari.
Sebagian orang menganggap urusan ini hal yang sepele, tetapi sebenarnya hal ini menjadi sesuatu yang sangat penting karena menyangkut KEBERSIHAN dan KESUCIAN pakaian tersebut. Terlebih lagi pakaian tersebut digunakan untuk beribadah. Jikalau tidak BERSIH dan SUCI, tentu lah tidak sah ibadah yang dilakukan.

BERSIH yang dimaksud adalah tidak ada lagi kotoran yang melekat di pakaian tersebut. Seperti lumpur, ingus, daki, dll. SUCI adalah bebas dari najis, baik dari bendanya (zat), rasa dan baunya. Seperti air kencing, tinja, kotoran cicak, dll.
Bersih belum tentu suci, kalau suci sudah pasti bersih. Sama halnya dengan air. Ada air suci lagi mensucikan, contohnya; air sungai, air hujan, air sumur dll. Ada juga air suci tetapi tidak mensucikan, seperti air teh, air kopi, air kelapa.
Ingat kawan hanya pakaian suci yang SAH digunakan tuk beribadah.
Terus caranya gimana tuk mendapatkan pakaian yang bersih lagi suci??? Simak petunjuk di bawah ini...

1. Pisahkan pakaian yang Kena Najis
Untuk menghindari najis menyebar ke baju-baju yang lain, maka sebelum memasukkannya ke dalam bak cuci pisahkan dulu pakaian yang sudah jelas kena najis. Hal ini supaya pakaian lainnya tidak ikut kena najis dari pakaian tersebut. Biasanya paling banyak ada pada CD (celana dalam, bukan compact disc)

2. Bersihkan Najis
Langkah berikutnya, bersihkan najis yang menempel pada pakaian, lalu guyur dengan air. Usahakan najis ikut mengalir ke bawah seiring dengan aliran air hingga benar-benar bersih.

3. Cuci dengan Sabun
Sabun berfungsi untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang melekat pada baju sehingga barsih dan tidak bau. Boleh mengucek dengan tangan, menyikat maupun mencucinya dalam mesin cuci. Namun yang perlu diperhatikan adalah saat memasukkannya ke mesin cuci usahakan najisnya sudah hilang seluruhnya.

4. Pembilasan
Bilas dengan air secukupnya agar menghilangkan sabunnya. Bisa langsung dibilas bersamaan seluruh pakaian dalam satu wadah.

5. Siraman Mengalir
Siramlah pakaian tersebut dengan air yang mengalir, bisa langsung dari keran atau pun siraman menggunakan gayung. Inilah yang sering terlupakan oleh kita. Biasanya orang membilas menggunakan 2 ember, namun kurang memahami bahwa mengguyur dengan air adalah cara terbaik agar najis-najis ikut turun bersama air mengalir. Karena menurut syariat, najis yang masuk ke dalam air kurang dari 2 kullah (sekitar 216 liter) akan mejadi air yang najis pula.Kita tidak bisa memastikan apakah air atau ember untuk membilas benar-benar suci.

6. Softener (kalau ini sunnah aja)
Terakhir bisa juga menggunakan softener agar lebih lembut & wangi,, hehe

Ribet??? G’ ah,, namanya juga ingin mendapatkan yang bersih dan suci, bukan baju bersih tapi tidak mensucikan.. allright? J
Bagaimana dengan kita me”laundry”kan pakaian kita? Apaka ada jaminan ke-SUCI-an di sana? Sepertinya ada peluang untuk berbisnis LAUNDRY SYARIAH J

Jika bermanfaat jangan lupa LIKE & SHARE ya...

Referensi:


Related Posts

Yakin Baju Mu "SUCI"???
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.