Sunday, February 14, 2016

Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) Dibuka Maret, Segera Daftarkan Diri Anda

Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) Dibuka Maret, Segera Daftarkan Diri Anda -

BeasiswaKaltim Cemerlang (BKC) tahun ini bakal dibuka Maret dan berlangsung hingga Juni. Diharapkan, semua lini bekerja sama dengan baik sehingga pada September bisa dicairkan.

“KEMUDIAN, Juli hingga Agustus masuk tahap seleksi berkas. Targetnya September bisa keluar SK (surat keputusan) gubernur terkait pencairan dana beasiswa,” ujar Kuasa Pemegang Anggaran BeasiswaKaltim Cemerlang Dinas Pendidikan Kaltim Basmen Nainggolan, saat mengisi acara Samarinda Pagi garapan STV (televisi lokal dalam jaringan Kaltim Post Group), senin  18 Januari 2016.
Tahun ini, anggaran yang digelontorkan sejumlah Rp 114 miliar. Dengan perincian, Rp 108 miliar untuk beasiswa umum dan Rp 6 miliar untuk beasiswa tidak mampu. Menjelang target dibukanya beasiswa, Basmen mengaku, pihaknya tengah mempersiapkan rapat penetapan kuota beasiswa untuk tiap kabupaten/kota, perguruan tinggi, dan online. Calon pendaftar di daerah dan tak terjangkau internet adalah alasan Dinas Pendidikan kabupaten/kota juga diserahi tugas untuk mengumpulkan dan menyeleksi beasiswa yang diajukan masyarakat setempat. Pun begitu dengan perguruan tinggi.
Terkait online, berdasar pengalaman tahun lalu, pendaftar melalui online membeludak. Target 6 ribu, tapi yang mendaftar hingga 15 ribu orang. Karena itu, seleksi bakal sangat ketat. Apalagi, Basmen tak ingin asal memberikan beasiswa. Harus tepat sasaran.
“Untuk persyaratan tidak ada yang berbeda. Ya, kurang lebih dengan tahun sebelumnya. Seperti kurang mampu atau berprestasi, berdomisili di Kaltim, dan kalau perguruan tinggi kami melihat perguruan tingginya terdaftar atau tidak,” imbuh Basmen.
Selama ini, kendala BKC umumnya masih pada human error. Seperti salah memasukkan data, salah kategori, hingga nomor rekening yang diberikan terblokir. Nah, soal kendala ketepatan waktu, dia berharap, kabupaten/kota ataupun perguruan tinggi tepat waktu mengirimkan berkas beasiswa yang bakal dicairkan.
“Pengalaman sebelumnya, banyak kabupaten/kota yang bahkan sudah mendekati batas waktu pengiriman berkasnya masih di bawah 50 persen. Jadi, kami terpaksa menyurati mereka,” pungkasnya. (Sumber : www.kaltimpos.co.id)

Related Posts

Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) Dibuka Maret, Segera Daftarkan Diri Anda
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.