Friday, February 5, 2016

Cemas! Ribuan Karyawan HONDA dan YAMAHA Terancam PHK Tahun Ini

Cemas! Ribuan Karyawan HONDA dan YAMAHA Terancam PHK Tahun Ini - Puluhan ribu karyawan PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dikabarkan terancam PHK tahun ini. Diprediksi PHK besar-besaran akan terjadi tahun ini, khususnya di sektor industri otomotif. 

Disebut-sebut yang jadi pemicu utamanya adalah penjualan sepeda motor di Indonesia yang sejak tahun 2015 lalu telah menurun drastis. Walaupun penjualan sepeda motor menurun, tetap saja populasi kendaraan roda dua di Indonesia sudah sangat banyak.
 “Potensi PHK ini akan terjadi pada industri komponen automotif dan sepeda motor. Ini bisa terlihat dari penurunan penjualan sepeda motor contohnya”, ujar Said Iqbal selaku Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), dikutip via Okezone.
“Memang ada rencana PHK dari dua perusahaan tersebut. Astra Honda Motor lebih ke komponen motor Honda sedangkan Yamaha justru pada komponen inti, industri automotif.”
Menurut ketua KSPI itu, baik Honda  dan Yamaha siap melakukan PHK terhadap karyawan kontrak. Diprediksi sekitar puluhan ribu karyawan kontrak yang bakal terkena PHK. Untuk karyawan tetap bersyukurlah anda karena tidak akan terkena PHK.
”Ini tidak terjadi pada karyawan tetap, tetapi di karyawan kontrak. Biasanya kalau kontraknya habis kan diperpanjang. Potensi PHKnya bisa sampai puluhan ribu”,sambungnya.

Sejarah mencatat bahwa gelombang PHK besar-besaran telah terjadi pada tahun 1998 lalu. Kini ancaman tersebut datang kembali di tahun 2016. Semoga anda bukan salah satu karyawan yang terancam PHK.

Related Posts

Cemas! Ribuan Karyawan HONDA dan YAMAHA Terancam PHK Tahun Ini
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.