Thursday, January 28, 2016

Indonesia Menjadi ‘SASARAN EMPUK’ Bagi Penjahat Mesum FACEBOOK

Indonesia Menjadi ‘SASARAN EMPUK’ Bagi Penjahat Mesum FACEBOOK – Siapa yang tidak menegenal Facebook? Bahkan anak-anak pun sudah memiliki akun FB ini. Indonesia tercatat sebagai negara terbesar keempat untuk urusan pengguna Facebook. Ironisnya, pengguna yang besar ini juga jadi sasaran empuk bagi penjahat yang beraksi di jejaring sosial itu. Apalagi jika berbau konten mesum. 


Menurut praktisi keamanan internet Vaksincom Alfons Tanujaya, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh laboratorium virus Vaksincom, korban phishing cukup tinggi. Meskipun umurnya pendek, hanya hitungan minggu sudah dibasmi oleh administrator Facebook, namun setiap postingan biasanya memberikan keuntungan finansial iklan yang cukup besar bagi pembuatnya. 

Sebagai contoh posting 'Video hotgirl Manila in hotel' yang sampai artikel ini dibuat masih aktif total kliknya mencapai 24.536. Kelihatannya sasaran pengguna internet yang dituju berasal dari Filipina terlihat dari pengakses dari Filipina sebanyak 9.484 atau 39%. 

Namun rupanya pengguna internet Indonesia juga tidak mau kalah dan tertarik mengklik tautan yang diberikan dan berada di posisi kedua dengan total akses sebanyak 4.356 atau 18%. 

Jika Akun Dibajak
Alfons memaparkan, jika akun Facebook Anda dibajak dan menyebarkan postingan yang merugikan, justru jangan didiamkan. Sebab teman-teman Anda di Facebook ataupun di group dan FB page berpotensi menjadi korban postingan yang merugikan tersebut. 

"Informasikan hal ini kepada rekan Anda dan segera ambil alih akun Facebook Anda. Jika melihat akun teman Anda melakukan postingan yang mencurigakan, hindari klik tautan tersebut dan informasikan kepada teman Anda melalui media lain seperti WhatsApp atau email karena kemungkinan besar akun Facebooknya sudah diambil alih," jelas Alfons.

Facebook sendiri sejatinya telah menyediakan sejumlah pengamanan tambahan untuk akun Facebook Anda. Seperti fitur Login Alerts, Login Approvals, Code Generator, App Passwords, Trusted Contacts dan seabrek fitur tambahan lain yang bisa diakses dari https://www.facebook.com/settings?tab=security setelah Anda login.
"Atau bisa juga menghubungi vendor sekuriti Anda untuk mendapatkan tips mengamankan akun Facebook dengan baik," Alfons menandaskan.

Jaga selalu diri Anda dan keluarga Anda.

Related Posts

Indonesia Menjadi ‘SASARAN EMPUK’ Bagi Penjahat Mesum FACEBOOK
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.