Thursday, January 14, 2016

Waspada!!! Ini Bahayanya Jika Hanya Bergaul di Medsos Saja



Waspada!!! Ini Bahayanya Jika Hanya Bergaul di Medsos Saja - Bukan hal yang baru apabila seseorang memiliki ratusan bahkan ribuan teman di jejaring sosialnya seperti Facebook atau Twitter. Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa hanya memiliki teman di media sosial ternyata dapat membahayakan kesehatan Anda.

"Maka dari itu, remaja dan orang dewasa muda perlu didorong untuk membangun hubungan sosial yang nyata. Tidak hanya itu, interaksi nyata secara konsisten juga dibutuhkan" kata Kathleen Harris, salah satu peneliti sekaligus profesor di Universitas Carolina Utara, Chapel Hill, Amerika Serikat



Dikutip dari Indian Express, Senin (11/1/2016), studi ini dilakukan berdasarkan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa penuan akan lebih lama bila seseorang memiliki banyak koneksi sosial. Secara khusus, tim menemukan jaringan sosial dapat mempengaruhi kesehatan seseorang di awal dan akhir masa dewasanya.

Untuk melakukan studi, para peneliti mengambil data dari empat survei nasional yang dilakukan di Amerika Serikat. Dalam survei tersebut telah mewakili populasi masyarakat yang berada di rentang usia muda hingga tua.

Hasilnya, bagi remaja yang melakukan isolasi sosial akan meningkatkan risiko peradangan dengan jumlah yang sama seperti aktifitas fisik. Sedangkan, bagi mereka yang tidak dapat membaur dengan lingkungannya akan meningkatkan risiko obesitas pada bagian perutnya.

Bagi orang dewasa, mengisolasi diri dengan dunia luar lebih berbahaya daripada diabetes atau hipertensi. Bagi mereka yang berada di usia pertengahan dewasa, bukan mempermasalah seberapa banyak koneksi saat berhubungan dengan orang lain tetapi lebih dukungan sosial dan tekanan yang diberikan oleh koneksi sosialnya yang dapat berpengaruh pada kesehatan.
Sumber: detik.com

Related Posts

Waspada!!! Ini Bahayanya Jika Hanya Bergaul di Medsos Saja
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.