Saturday, October 17, 2015

ON THE SPOT: 6 PERTANYAAN UNIK AL-GHAZALI

ON THE SPOT: 6 PERTANYAAN UNIK AL-GHAZALI


Suatu ketika Imam Al Ghozali berkumpul dengan murid-muridnya. Lalu Imam Al Ghozali bertanya.


1.      “Apa yang paling dekat di dunia ini?”
Para murid menjawab: orang tua, guru, kawan, dan sahabat. Kata al-Ghazali semua itu benar. Tetapi yang paling dekat denga kita adalah “MATI”.
Kematian tidak ada satu orang pun yang tahu, tetapi manusia sering melupakannya. Justru kerahasiaannya ini harus membuat kita lebih waspada dan mempersiapkan diri, karena mati bisa datang kapan saja dan dimana saja. Mungkin dalam 1 detik ke depan saya yang mati, ataupun anda, semua tidak ada yang tahu.

2.      “Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?”
Para murid menjawab: Negara China, bulan, matahari dan bintang-bintang. Kata al-Ghazali semua itu benar, tetapi yang paling jauh dari diri kita di dunia ini adalah “MASA LALU”.
Walau dengan apa cara sekalipun kita tidak dapat kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang bermanfaat. Kemarin adalah masa lalu, hari ini dan hari esok adalah masa depan, do the best & be the best...!!!

3.      “Apa yang paling besar di dunia ini?”
Para murid menjawab: gunung, bumi dan matahari. Semua jawaban itu benar kata al-Ghazali, tetapi yang paling besar di dunia ini adalah “NAFSU”. Sampai Rasulullah pun nmengatakan bahwa jihad yang paling besar adalah jihad melawan diri sendiri, yaitu nafsu. Nafsu itu seperti kita meminum air laut, semakin dimun maka akan semakin haus. Semakin kita mnuruti hawa nafsu, maka akan semakin menjadi-jadi.

4.      “Apa yang paling berat di dunia ini?”
Para murid ada menjawab: Besi dan gajah. Semua jawaban itu benar kata al-Ghazali, tetapi yang paling berat di dunia ini adalah “MEMEGANG AMANAH”. Perkara ini adalah perkara yang sangat sulit, banyak orang yang “mengemis” amanah, tetapi tidak dapat mempertanggung jawabkannya, padalah sudah bersumpah atas nama Tuhan. Semoga diri kita selalu dijaga Allah SWT.

5.      “Apa yang paling ringan di dunia ini?”
Ada yang menjawab: angin, kapas, debu dan daun-daunan. Semua jawaban itu benar, tetapi yang paling ringan di dunia ini adalah “MENINGGALKAN SHOLAT” (mudah2an Allah mengampuni dosa2 kita, amin). Kita ingat bahwa amalan pertama yang dihisab di hari kiamat nanti adalah sholat, jika sholat kita baik maka baiklah seluruh amalan kita. Jika sholat kita buruk, maka buruklah seluruh amal kita. Padahal 1 hari kita diberi waktu 24 jam, waktu sholat hanya 5 waktu sehari semalam, itu sangat ringan, tetapi lebih ringan lagi tuk meninggalkannya. Naudzubillah min dzalik.

6.      “Apa yang paling tajam di dunia ini?”
Muridnya menjawab serentak: “pedang” . benar kata al-Ghazali, tetapi yang paling tajam adalah “LIDAH MANUSIA”. Karena melalui lidah, Manusia selalunya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri. Rasulullah bersabda: “Seorang muslim adalah dia yang dapat menjaga saudaranya dari lidah dan tangannya.”


(materi ini disampaikan oleh Muhammad, S.Pd.I pada Khutbah Jum’at, di Desa Manubar, Kec. Sandaran. Kab, Kutai Timur, KALTIM. April 2014)

Related Posts

ON THE SPOT: 6 PERTANYAAN UNIK AL-GHAZALI
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.