Friday, October 16, 2015

TIPS CEPAT MERAMPUNGKAN SKRIPSI KHUSUS MAHASISWA STAIS

TIPS CEPAT MERAMPUNGKAN SKRIPSI KHUSUS MAHASISWA STAIS


Skripsi adalah tugas wajib akhir mahasiswa sebelum wisuda. Ada yang mengatakan inti dari selama perjalanan kuliah adalah skripsi, karena dalam proses penggarapannya memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit, serta isi dari skripsi tersbebut murni hasil karya sendiri bukan plagiat dari karya orang lain. Garap skripsi ini gampang-gampang susah. Tak sedikit skripsi ini menjadi momok yang menakutkan bagi mahasiswa, karena mereka selalu dikejar-kejar oleh pihak jurusan agar segera merampungkannya.

Berikut tips cepat untuk merampungkan skripsi khusus mahasiswa  STAIS,, check this out,,, J

1.      Doa
Dari kecil kita diajarkan untuk selalu berdoa jika ingin mengerjakan sesuatu. Mulai dari makan, tidur, pakai baju dll. Apalagi kalau mau garap skripsi, wajib berdoa agar dipermudah ALLAH segala urusannya. Bisa juga ditambah doa agar terhindar dari malas, karena faktor utama penghambat skripsi adalah MALAAAASSS. Doanya sebagai berikut:



2.      Buat jadwal & target skripsi
Buatlah jadwal wajib kalian untuk merampugkan skripsi, bisa dengan membuat “kalender target skripsi” (seperti kalender akademik kampus) yang berisi deadline2 yang harus anda capai dalam tahapnya. Mulai dari kapan mengumpulkan bahan, observasi lapangan, sebar angket, input data dll. Pastikan juga bahwa anda mempunyai waktu khusus setiap hari untuk mengerjakan skripsi.

3.      Kejar dosen pembimbing
Ini salah satu menjadi kendala bagi mahasiswa STAIS, karena tidak semua dosen pembimbing bermukim di Sangatta. Ada yang tinggal di Sangkulirang, banyak juga yang tinggal di Samarinda. Jika anda hanya menunggu kabar dari dosen pembimbing maka anda kemungkinan besar tidak dapat untuk mencapai target seharusnya. “Jemputlah bola”, jangan menunggu, kejar terus dosen pembimbing anda, terus jaga komunikasi yang baik dengan mereka. Bisa juga anda konsultasi dengan dosen lain yang bersedia.

4.      Istirahat
Istirahat adalah faktor penting dalam pencapaian target skripsi anda. Saat anda kurang istirahat maka akan menyebabkan tubuh anda lelah bahkan sampai sakit. Kalau sudah sakit sudah barang tentu anda tidak dapat melanjutkan skripsi anda. Dalam keadaan sehat saja mungkin anda bisa pusing jika berhadapan dengan skripsi, apalagi kalau sakit??? Kemarin ada sebuah kasus mahasiswa meninggal gara2 kebut skripsi,, baca selengkapnya di http://www.merdeka.com/peristiwa/ngebut-skripsi-hingga-lupa-makan-axel-tewas-mengenaskan-di-indekos.html

5.      Refreshing
Anda perlu meluangkan waktu anda untuk mnyegarkan kembali otak anda. Ini bisa dilakukan dengan cara melakukan hal2 yang disukai, seperti “ngeband”, pergi ke pantai, mincing di gazebo, atau pun karaokean,, he

6.      Uji dengan teman
Jika anda sudah hampir menyelesaikan skripsi anda, silahkan anda shring kepada teman2 anda, atau kepada senior anda (ke saya juga boleh, he) agar apa yang dirasa kurang bisa untuk disempurnakan lagi. Semakin anda mulai paham dengan  skripsi anda, baik dari segi tulisan ataupun isi, maka akan semakin banyak pertanyaan2 yang muncul dalam benak anda.

7.      Doa lagi
Jangan lupa setelah semunya selesai tuk mengucapkan “Alhamdulillah”, karena semua dapat selesai atas izin dari ALLAH SWT.. (religious dikit napa)...

Garap skripsi itu gampang, hanya rasa MALAS saja yang menghalanginya. Kita semua diberi otak yang sama, tangan 2, kaki 2, waktu juga sama 1 hari 24 jam.. kalau saya bisa jadi yang terbaik, kenapa kalian tidak??? CEMANGKA,, (cemungut Kaka).. haha monggo ditambah kalau ada tips yang lain, moga bermanfaat.. J . (mmh)


Related Posts

TIPS CEPAT MERAMPUNGKAN SKRIPSI KHUSUS MAHASISWA STAIS
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
April 17, 2017 at 1:44 PM

trimakasih motivasinya... sedikit melegakan :)

Reply