Wednesday, November 4, 2015

Trik Jitu meng-HEMAT listrik

Banyak orang mengeluh karena tarif beban listrik selalu naik, pemakaian biasa aja tetapi bayarnya luar biasa. Semakin banyak pemakaian listrik tentu pembayaran semakin banyak. Tetapi ada beberapa trik yang dapat dilakukan untuk meng-HEMAT pengeluaran listrik setiap bulannya.
Trik ini cukup berguna untuk pemakaian rumah tangga, paling tidak bisa menghemat tuk pemakaian bulanan. Tetapi tidak bisa sampai menjadikan listriknya gratis. (Hari gini mana ada listrik gratis,, kecuali tanpa lewat meteran, hehe)


Simak di trik dibawah ini kawan..
1. Jaga barang-barang elektronik
Bila ada yang memerlukan perawatan rutin seperti AC lakukan secara teratur, dan bila ada yang rusak sebaiknya segera perbaiki. Karena biasanya peralatan listrik yang rusak akan memakan energi lebih banyak.
2. Jangan Mencuci Sedikit-sedikit
Bagi yang menggunakan mesin cuci, disarankan untuk mencuci langsung banyak, karena dengan cara itu pemakaian listrik dapat lebih dihemat dibandingkan harus mencuci sedikit-dikit sehingga mengharus kita menyalakan mesin berkali-kali.

3. Jaga selalu kebersihan dari kulkas di rumah
Jangan sekali-kali membiarkan kulkas kotor karena bila ada kotoran menyumbat maka kerja kulkas akan semakin keras dan itu juga membuat pemakain listrik jadi semakin besar.

4. Matikan alat listrik yang tidak perlu
Cara ampuh menghemat listrik di rumah yang paling logis diterapkan adalah mematikan alat listrik yang tidak digunakan. Bisa juga dengan mencabut charge HP yg tidak digunakan, mencabut kabel peralatan listrik walaupun dalam posisi off.

5. Mengganti peralatan listrik dengan yang lebih hemat energy
Mengganti TV tabung dengan TV LCD/LED, mengganti lampu pijar dengan lampu CFL, mengganti lampu CFL dengan lampu LED dsb.

6. Jangan menghidup-matikan alat listrik dalam waktu dekat
Hal ini dapat memboroskan listrik yang akan dikeluarkan alat tersebut. Dan juga dapat menyebabkan alat tersebut cepat rusak.
7. Pasang solar cell, tenaga surya
Manfaatkanlah lingkungan yang tersedia untuk berhemat. Bisa dari membuka jendela agar cahaya masuk ke dalam rumah. Bisa juga memanfaatkan panas tenaga surya untuk dipakai sebagai energy cadangan yg disimpan di dalam aki.


Jangan lupa like & share ya J

Referensi


Related Posts

Trik Jitu meng-HEMAT listrik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.