Thursday, November 26, 2015

Keuntungan Investasi Properti

Investasi properti dapat dikatakan sebagai salah satu investasi yang tidak ada matinya. Coba Anda kilas-balik dari generasi ke generasi, investasi properti menjadi satu tolak ukur kesuksesan seseorang.


Banyak orang yang memandang investasi pada properti lebih menarik dan lebih menguntungkan dibanding investasi di bidang lain. Hal ini dapat dimaklumi karena hampir semua orang beranggapan bahwa tidak ada sejarahnya, khususnya tanah dan rumah yang turun harganya. Setiap tahun dapat dipastikan harganya akan meningkat dan terus meningkat di tahun-tahun berikutnya.

Berikut alasan kenpa orang lebih suka berinvestasi di bidang property:

1.     Harga Properti Hampir Selalu Meningkat
Percayalah! Properti baik dalam bentuk tanah atau sudah ada bangunan hampir selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Mengapa? Ini dikarenakan permintaan lebih banyak dibandingkan persediaan yang ada. Memangnya tanah di bumi bisa bertambah? Sementara itu, penduduk bumi semakin banyak dan mereka membutuhkan tempat tinggal / usaha. Bahkan, tahukah Anda bahwa kenaikan harga properti melebihi kenaikan inflasi. Oleh karena itu, tidak ada kata rugi membeli properti.

2.     Menjualnya di kemudian hari
Seperti yang telah disebutkan, salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan investasi properti adalah dengan menjualnya. Mengingat harganya yang selalu naik tajam dari waktu ke waktu menjadikan selisih harga properti Andapun melambung tinggi!

3.     Menyewakan properti
Kalau sayang untuk menjualnya karena bagaimanapun setelah menjual berarti investasi Anda stop sampai di situ – opsi lain adalah menyewakan. Apakah properti Anda dalam bentuk tanah ataupun terdapat bangunan, menyewakan properti tersebut memberikan keuntungan tersendiri. Anda bisa memperoleh keuntungan dari waktu ke waktu selama properti tersebut digunakan oleh orang lain – hingga waktu yang tidak terbatas dalam status masih milik Anda. Cerdik?

4.     Dijadikan jaminan pinjaman
Ada hal lain lagi yang paling menyenangkan dengan memiliki properti. Ya, Anda bisa memulai sebuah usaha lainnya dan mendapatkan modal. Kebanyakan bank pemberi kredit atau lembaga perkreditan lainnya memberikan prioritas pinjaman bagi mereka yang memiliki jaminan properti. Sudah mulai mengerti ya? Uang tersebut dapat “diputar” lagi dalam bentuk usaha lainnya ataupun jika Anda ingin berinvestasi lagi dengan menambah properti.

5.     Property bisa diwariskan
Tentu inilah investasi untuk diri dan keluarga anda kelak. Buksn anda saja yang menikmati, tetapi anak cucu anda juga bisa menikamtinya.

6.     Menjadi kaya lewat properti
Investasi properti dapat membawa orang untuk menjadi orang yang benar-benar kaya. Kunci untuk memperoleh kekayaan dalam properti adalah melalui capital gain. Sebagai contoh, seseorang berinvestasi di sebuah apartemen dari harga 500 juta dengan uang muka sebesar 50 juta. Sewa bulanan dari properti cukup untuk membayar angsuran bank per bulan, sehingga secara otomatis, angsuran bank dibiayai oleh sewa bulanan. Setelah 20 tahun, properti telah dibayar penuh dan harga telah dihargai misalnya untuk 1 Milyar (ini konservatif, karena harga property di Indonesia akan meningkat jauh dari pada harga ini). Dalam hal ini keuntungan bersih dari investasi (1 Milyar – 50 juta) = 950 juta. Jika orang ini memiliki 3 apartemen lalu total laba bersih akan hampir 3 Milyar dalam 20 tahun. Orang ini benar-benar telah menjadi Milyarder dengan investasi properti.



Related Posts

Keuntungan Investasi Properti
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.