Friday, December 11, 2015

5 Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan

5 Manfaat Internet dalam Dunia Pendidikan – Di zaman globalisasi sekarang ini, internet bukanlah hal yang asing bagi kita semua. Ia sudah merambah kemna-mana, bahkan sampai ke plosok desa sudah bisa dijangkaunya. Semua kalangan sangat merasakan manfaat dari internet, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan.

Berikut beberapa manfaat internet dalam dunia pendidikan:

1.     Sebagai sumber data dan informasi

Sebagai sumber informasi, internet menyimpan berbagai jenis sumber informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Bidang apa pun yang diminati, pasti ada informasi di Internet. Ini dapat digunakan siswa untuk mencari bahan ajar dalam pembelajaran di sekolah.

2.     Sebagai sarana komunikasi

Internet dapat digunakan untuk saling berkomunikasi melalui email, video, konferensi jarak jauh, forum, dsb. Hal ini memungkinkan dilaksanakannya pendidikan jarak jauh.

3.     Proses pembelajaran lebih menarik

Melalui internet pembelajaran tidak monoton dan jenuh karena dalam internet ada hal-hal baru yang variatif dan inovatif.

4.     Mempermudah dan mempercepat administrasi pendidikan

Pelaksanaan proses pendidikan harus diusahakan lebih praktis dan cepat. Guru tidak terlalu disibukkan urusan administrasi yang berbelit-belit, sehingga konsentrasi lebih tertuju pada proses pembelajaran di kelas. Misalnya, dalam membuat persiapan mengajar, pengolahan nilai, dan menyebarluaskan nilai ulangan atau ujian, bisa menggunakan fasilitas komputer (internet).

5.     Sebagai perpustakaan elektronik.


Masih banyak lagi manfaat internet dalam dunia pendidikan, 5 hal di atas adalah kesimpulan dari seluruh manfaat yang ada.

Jangan lupa like & share ya...


Related Posts

5 Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.