Friday, December 11, 2015

Pengertian Patung

Pengertian Patung – Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Orang yang menciptakan patung disebut pematung. Tujuan penciptaan patung adalah untuk menghasilkan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin. Karenanya, patung biasanya dibuat dengan menggunakan bahan yang tahan lama dan sering kali mahal, terutama dari perunggu dan batu seperti marmer, kapur dan granit. Kadang, walaupun sangat jarang, digunakan pula bahan berharga seperti emas, perak, dan gading. Bahan yang lebih umum dan tidak terlalu mahal digunakan untuk tujuan yang lebih luar, termasuk kayu, keramik dan logam.


Bentuk-bentuk patung jika di lihat dari segi bentuknya terbagi ke dalam dua kelompok yakni :

1.   Figuratif
Yaitu merupakan bentuk patung yang dibuat dengan meniru bentuk-bentuk secara alamiah, seperti : manusia, hewan atau tumbuhan. Bentuk ini dibuatnya secara utuh sesuai dengan aslinya. Bentuk ini juga bisa dibuat melalui prosesfragmentasi atau di sederhanakan dan stilasi atau di gayakan.

2.   Nonfiguratif
Yaitu merupakan patung yang dibuat tidak seperti bentuk figuratif artinya, dibuat diluar dari bentuk aslinya. Ada yang hanya menampilkan garis-garis melintang atau memanjang, lubang, lekukan, benda, dll.

Berdasarakan jenisnya berkaitan dengan teknik pembuatan patung, patung dibedakan menjadi dua yaitu : 

1.   Zonde Bosse 
Yaitu bentuk patung yang berdiri sendiri dan terlepas di kanan-kirinya. Patung ini tidak menempel pada salah satu sisinya.

2.   Relief
Yaitu bentuk patung yang menempel pada permukaan dinding. Relief tersebut biasanya menggambarkan adegan dari sebuah cerita. Candi shiwa & candi brahma di kompleks candi prambanan yang berisi adegan atau rangkaian cerita ramayana yang merupakan contoh relief. 
Relief dapat di bedakan menjadi tiga macam, yaitu :
·       Relief yang menampilkan bentuk-bentuk yang timbul kurang dari setengah nya, disebut baserelief.
·       Relief yang menampilkan bentuk persis setengah dari bentuknya, disebutdemirelief.
·       Relief yang menampilkan bentuk yang sama dengan bentuknya, disebuthautrelief.


Related Posts

Pengertian Patung
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.