Sunday, December 13, 2015

6 Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

6 Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil – Tentu semua bumil (ibu hamil) menginginkan janin yang ada di dalam rahimnya tumbuh dengan sehat. Hal ini tentu sangat berpengaruh dengan apa yang dikonsumsi oleh si ibu.
Sekarang akan kita bahas makanan yang baik untuk ibu hamil dan apa saja yang menjadi pantangan untuk ibu hamil.



Jenis makanan yang baik untuk ibu hamil:

1.     Produk Susu
Kandungan yang terdapat di dalam susu dapat membantu anda dalam mendukung pertumbuhan jaringan baru pada bayi, memperbaiki jaringan yang rusak dan pembentukan otot dan juga transportasi oksigen ke janin. Sekarang sudah banyak juga susu khusus untuk ibu hamil yang sangat baik untuk perkembangan janin di dalam rahim.

2.     Ikan
Beberapa jenis seafood atau makanan laut termasuk ikan cukup disarankan bagi para ibu hamil karena juga menjadi salah satu jenis makanan yang baik untuk ibu hamil muda karena mengandung asam lemak omega 3. Zat tersebut dinilai sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan proses pembentukan dan perkembangan otak janin. Tetapi ada juga beberapa jenis ikan yang harus Anda hindari karena dapat mengganggu kesehatan Anda.

3.     Sereal
Ibu hamil sering sekali kehilangan selera makan karena mengalami mual dan muntah-muntah. Sereal dapat mengisi nutrisi bumil untuk menggantikan makanan yang telah dimuntahkan. Karena Sereal memiliki variasi rasa yang dapat disesuaikan dengan anda juga mengandung aneka mineral, vitamin B, karbohidrat, kalsium yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi janin.

4.     Buah dan sayur
Pada kehamilan trimester pertama kandungan vitamin C dari jus jeruk dibutuhkan untuk menambah kekebalan tubuh dan memerangi infeksi. Selain itu kandungan dari asupan makanan yang kaya akan kandungan zat besi dapat mencegah dari anemia. Lengkapi pula dengan tambahan sayuran yang mengandung zat besi yang didapat dari sayuran hijau dan mampu meningkatkan hemoglobin ke sel-sel tubuh dan memberikan energi

5.     Kacang-kacangan
Kacang-kacangan dianggap sebagai salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan karena kandungan gizinya cukup diperlukan untuk membantu perkembangan sitem saraf pada bayi. Beberapa jenis kacang-kacangan juga mengandung banyak asam folat dan juga vitamin B.

6.     Air dan vitamin
Jika selama awal kehamilan Anda sering mengalami mual dan muntah, maka disarankan supaya Anda lebih banyak mengonsumsi air putih yang sudah dicampurkan dengan sari buah tanpa gula. Bukan hanya asupan air saja yang harus tercukupi, tetapi asupan vitamin juga sangat penting bagi janin.

Berikut beberapa makanan yang menjadi pantangan untuk orang hamil:

1.     Kopi atau kafein
Anda harus mengurangi minuman kopi walaupun Anda pecinta kopi.

2.     Teh
Anda juga harus mengurangi konsumsi teh.

3.     Alcohol
Selama Anda belum hamil, atau pun Anda sedang hamil, maka Anda tidak boleh mengkonsumsi alcohol, karena akan membahayakan kesehatan Anda dan janin Anda.

4.     Mayonaise
Karena mayonaise banya mengandung telur mentah.

5.     Makanan mentah atau setengah matang
Anda juga harus menghindari makanan mentah dan setengah matang, karena ditakutkan di dalam makanan tersebut terdapat bakteri.


Related Posts

6 Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.